Rekomendasi Olahan Daging Kambing untuk Acara Aqiqah

Kelahiran seorang anak dalam sebuah keluarga menjadi salah satu hal yang harus disyukuri. Dalam ajaran Islam, ketika seorang anak lahir maka disunahkan untuk melaksanakan ibadah aqiqah. Secara garis besar, aqiqah merupakan wujud syukur kepada Allah SWT karena seorang anak lahir. Dimana wujud syukur tersebut diupayakan dalam bentuk menyembelih hewan ternak. Biasanya hewan ternak yang disembelih adalah kambing, namun juga bisa menggunakan domba. Pelaksanaan ibadah aqiqah ini biasanya dilakukan 7 hari setelah kelahiran anak, bagi orang tua yang mampu. Namun jika orang tua kurang mampu bisa dilakukan pada hari ke-14 atau ke-21 setelah lahirnya anak. Apabila orang tua tidak dalam kondisi finansial yang baik, maka tidak dianjurkan untuk menyelenggarakan ibadah aqiqah.

Baca juga : konveksi kaos magelang

10 Olahan Daging Kambing untuk Acara Aqiqah

Saat ini untuk melaksanakan ibadah aqiqah bukan lagi hal yang sulit dilakukan sendiri. Jika dulunya pelaksanaan akikah dilakukan sendiri mulai dari membeli kambing, menyembelih dan mengolahnya. Tetapi saat ini sudah ada layanan rumah aqiqah yang siap membantu. Mobilitas orang tua yang sedikit sibuk biasanya membuat mereka lebih baik bekerja sama dengan jasa aqiqah ini. Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan layanan rumah aqiqah. Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu. Diantaranya adalah pemilihan jasa rumah akikah itu sendiri, pastikan untuk memilih jasa aqiqah berpengalaman dan terpercaya. Selanjutnya pastikan untuk memilih menu yang tepat.

Berikut ini ada beberapa rekomendasikan olahan daging kambing untuk aqiqah yang bisa menjadi pilihan.

  1. Sate

Olahan yang satu ini memang lazim ditemukan di menu-menu layanan jasa aqiqah. Untuk olahan daging kambing aqiqah yang satu ini termasuk menu standar dan mudah dibuat. Meskipun begitu pesona dan rasa nikmat yang ditawarkan oleh sate kambing memang tidak ada duanya. Banyak layanan jasa aqiqah yang menjadi sate sebagai menu utama atau menu andalan. Dari segi harga memang sedikit lebih terjangkau, jadi nantinya bisa mendapatkan tusukan sate lebih banyak. Biasanya sate kambing ini dipadukan dengan bumbu kecap atau bumbu kacang.

  1. Gulai

Biasanya olahan daging kambing yang satu ini disajikan bersamaan dengan sate. Untuk Anda yang gemar makanan berkuah santan, maka gulai kambing menjadi pilihan bagus. Paduan antara santan kuning yang gurih dengan potongan daging kambing. Sangat cocok disajikan dengan nasi yang masih hangat. Gulai kambing bisa disajikan untuk makan malam atau makan siang. Tidak hanya daging kambing saja yang bisa digunakan untuk membuat gulai. Tetapi juga bisa menggunakan tengkleng, kikil dan jeroan untuk membuat gulai. Jika ingin mendapatkan sensasi sedikit pedas, maka bisa menambahkan beberapa buah cabe rawit.

  1. Tongseng

Merupakan salah satu olahan populer dari daging kambing yang biasa disajikan ketika Idul Adha. Namun juga bisa disajikan untuk ibadah aqiqah. Tongseng ini terbuat dari potongan daging sampai tengkleng atau tulang kambing. Yang mana dimasak menggunakan santan, kecap dan macam-macam rempah lainnya. Cita rasa yang ditawarkan oleh tongseng sendiri adalah gurih sedikit manis dengan aroma membuat siapa pun ketagihan. Untuk sajian ini pun biasa ditambahkan potongan tomat dan kol supaya lebih segar serta tidak menimbulkan rasa eneg ketika disantap.

  1. Kambing Guling

Sajian yang satu ini biasanya digunakan untuk acara aqiqah di rumah. Biasanya pihak jasa aqiqah akan memasak ditempat terlebih dahulu, setelahnya diantarkan ke lokasi pemesan dan dihangatkan. Tamu undangan yang hadir bisa datang ke stand ini untuk antri kambing guling. Cita rasa yang ditawarkan oleh kambing guling ini memang tidak ada duanya. Namun perlu diketahui terlebih dulu bahwa biaya yang dikeluarkan untuk menu satu ini terbilang mahal. Jadi ada baiknya menyesuaikan dengan budget yang akan digunakan untuk melakukan pemesanan paket akikah.

  1. Rica-Rica

Bagi yang suka dengan olahan daging kambing pedas, maka rica-rica menjadi salah satu olahan terbaik untuk Anda. Lembutnya daging kambing dengan bumbu rica-rica pedas, akan sangat cocok dijadikan menu utama makan siang. Nantinya tamu undangan yang datang pasti akan merasa puas dan kenyang setelah menyantapnya. Cara mengolah rica-rica ini pun cukup mudah sederhana.

  1. Rendang

Biasanya kita menyantap rendang dengan bahan dasar daging sapi. Tapi rendang dari daging kambing pun tidak kalah nikmat. Jika diolah dengan tepat dan racikan bumbu pas, maka rasanya pun akan enak. Untuk rendang kambing ini pun bisa dibuat menjadi rendang basah atau rendang kering. Jika Anda ingin supaya penerima rendang tetap bisa menikmati hingga beberapa hari ke depan. Maka pilihlah rendang kering, karena rendang ini akan bisa tahan untuk beberapa waktu.

  1. Semur Daging Kambing

Mungkin Anda termasuk orang yang suka daging kambing tetapi tidak suka dengan bau menyengatnya. Semur daging kambing bisa menjadi alternatif. Dalam pengolahannya menggunakan bermacam-macam bumbu dan rempah. Misalnya daun salam, cengkeh, pala, kayu manis, sampai kecap yang jumlahnya banyak. Hal ini dilakukan untuk membuat aroma daging kambing prengus menjadi lebih samar. Proses memasaknya pun juga cukup lama, ini dilakukan supaya tekstur daging kambing menjadi lembut ketika disantap.

  1. Iga Kambing Bakar Madu

Pun olahan iga bakar madu tidak selamanya bisa dari iga sapi, namun juga bisa dari iga kambing. Olahan bakaran ini cocok untuk acara aqiqah, pastinya nanti akan ada banyak orang yang tertarik untuk mencicipi iga kambing bakar madu ini. Untuk mendapatkan iga kambing bakar madu yang benar-benar empuk dan nikmat. Iga kambing terlebih dahulu direbus bersamaan dengan bumbu rempah sampai benar-benar matang, baru nanti dibakar. Tidak hanya lembut, rasa gurih dari iga bakar dengan saus madu dan legit ini akan terasa sampai ke bagian dalam kambing.

  1. Nasi Kebuli Kambing

Adalah olahan yang berasal dari Timur Tengah, meskipun begitu sudah banyak orang merasakan nikmatnya nasi kebuli kambing ini. Nasi dengan potongan daging kambing ini mempunyai aroma yang menggoda. Selain itu diolah dengan remah dan bumbu khas, sehingga menghasilkan aroma harum. Rasa gurih yang didapatkan dari campuran lemak kambing akan semakin membuat cita rasa nasi kebuli ini menjadi semakin lezat dan nikmat. Anda bisa memilih nasi kebuli ini untuk menu olahan akikah. Tetapi untuk mendapatkan nasi kebuli kambing ini harus mengeluarkan budget ekstra.

  1. Krengseng Kambing

Rekomendasi lain untuk menu olahan daging kambing aqiqah adalah krengseng. Hidangan satu ini mirip dengan semur atau tongseng. Hanya saja terkadang krengseng tidak menggunakan kuah atau kuahnya sedikit namun kental. Biasanya olahan krengseng ini dibuat sedikit pedas supaya rasanya lebih nikmat. Menu olahan daging kambing ini cocok disajikan dengan nasi hangat dan dimakan untuk santapan makan siang atau makan malam.

Nah itulah beberapa menu olahan daging kambing untuk acara akikah. Anda bisa memilih menu olahan ini sesuai dengan anggaran yang sudah dipersiapkan.